Resep Menciptakan Manisan Kolang Kaling Yang Lezat Dan Segar, Menu Berbuka Puasa Yang Istimewa


Kulinerasik.com - Makanan ini selalu menjadi sajian favorit selama bulan Ramadhan, selain kulak pisang tentunya. Kolang kaling atau biasa disebut dengan buah atap ini yakni buah yang mempunyai tekstur kenyal dengan bentuk lonjong, yang berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Pas banget dijadikan sajian untuk berbuka puasa.
Manisan Kolang Kaling
Kolang kaling dalam bahasa Belanda disebut Glibbertjes, terbuat dari pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Para petani buah kolang-kaling biasanya aben buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Kemudian biji kolang-kaling yang sudah direbus sanggup direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehinga melalui proses fermentasi. Kolang-kaling sangat yummy diolah menjadi kudapan ibarat manisan kolang kaling, adonan es buah, es kolang kaling. Pasalnya buah kolang kaling mempunyai kadar air yang sangat tinggi. Dari banyak sekali penelitian menyebutkan bahwa kolang kaling mengandung kadar air mencapai 93,8% setiap 100 gramnya.

Berikut ini kami sajikan resep menciptakan manisan kolang kaling yang yummy dan segar, sajian untuk buka puasa yang istimewa.

Bahan-bahan Manisan:
  • Kolang kaling 250 gram, basuh bersih, dengan perasaan air jeruk nipis, atau sanggup dicuci bersama daun bamboo biar kolang kaling higienis dan keset
  • Gula pasir 1 gelas kecil
  • Air ½ liter atau 500 mili liter
  • Sirup marjan pandan hijau, atau sirup abc jeruk orange 1 gelas kecil
  • Vanila powder ½ sendok teh
  • Daun pandan 3 lembar
  • Kayu anggun 2 batang 

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling:
  1. Pertama-tama siapkan semua bahan, kemudian masukan semua materi kedalam panci.
  2. Kemudian rebus dan aduk-aduk semua bahannya sampai mendidih, matang dan menjadi empuk.
  3. Setelah matang manisan kolang kaling pun siap dinikmati ,diberi es kerikil atau di simpan ke lemari es biar segar dan dingin.

Segar banget untuk menghilangkan dahaga sesudah seharian berpuasa. Selamat mencoba!
Tag : RESEP
0 Komentar untuk "Resep Menciptakan Manisan Kolang Kaling Yang Lezat Dan Segar, Menu Berbuka Puasa Yang Istimewa"

Back To Top