7 Manfaat Dahsyat Bawang Putih Untuk Badan Kita


Kulinerasik.com - Bawang putih yang kita jumpai sehari-hari di dapur, ternyata mempunyai manfaat yang elok untuk kesehatan. Dulu di periode peradaban Mesir Kuno, Yunani, China, dan Romawi sudah usang menggunakan bawang putih sebagai obat-obatan. Di zaman modern kini bawang putih atau dengan nama latin Allium sativum ini banyak dipakai dan memang berguna untuk mengatasi beberapa penyakit.
7 Manfaat Dahsyat Bawang Putih untuk Tubuh Kita
Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tumbuhan amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Bawang putih ialah umbi siung orisinil budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh liat di Italia dan tempat selatan Perancis. Lalu apa saja manfaat dahsyat bawang putih untuk kesehatan? Simak yuk ulasannya!

1. Mengatasi Kerontokan pada Rambut

Nah, bagi kau yangmempunyai persoalan kerontokan pada rambut, bawang putih mentah sanggup dijadikan alternatifnya. Bawang putih mentah sanggup memperkuat dan memicu pertumbuhan rambut di kulit kepala. Kebanyakan orang memakainya dengan mengoleskan minyak bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

2. Mengatasi Jerawat

Sejak dulu bawang putih selalu dijadikan untuk mengobati jerawat, alasannya ialah kandungan allicin mempunyai sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya khasiatnya sanggup membasmi jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak berlebih di muka.

3. Menurunkan Kolesterol

Bawang putih termasuk makanan yang alami untuk mencegah kolesterol tinggi. Untuk sanggup menurunkan kolesterol tinggi, cukup dengan memakan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap harinya. Menurut sebuah studi menemukan manfaat bawang putih berasal dari kandungan allicin didalamnya. Kandungan allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih dikala siungnya dipotong, atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

4. Menyehatkan Jantung

Bawang putih juga berpotensi baik untuk mencegah risiko penyakit jantung. Manfaat dahsyat dari bawang putih yang dikeringkan ialah mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak gres di arteri.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Bawang putih mentah mengandung welirang aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh. Mengkonsumsi bawang putih dengan rutin sanggup menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut, kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, bawang putih juga mempunyai manfaat dahsyat untuk otak. Turunan karbohidrat dalam bawang putih yang disebut FruArg sanggup memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat dalam otak. Membuat bawang putih menawarkan pemberian bagi sel-sel otak dengan membuatnya lebih kebal terhadap risiko penyakit neurologis, menyerupai demensia dan Alzheimer.

7. Mencegah Pilek, dan batuk

Bawang putih mempunyai senyawa aktif allicin yang terbukti dahsyat membunuh aneka macam kuman penyebab penyakit umum, menyerupai pilek dan flu, batuk, dan radang tenggorokan. Sebuah penelitian menyampaikan bahwa rutin makan bawang putih mentah mengurangi risiko jatuh sakit jawaban tertular penyakit-penyakit umum di atas.

Nah, sudah tau khan manfaat dahsyat dari bawang putih untuk kesehatan.
Tag : TIPS KULINER
0 Komentar untuk "7 Manfaat Dahsyat Bawang Putih Untuk Badan Kita"

Back To Top