9 Kuliner Khas Aceh Utara Yang Wajib Kalian coba dan ketahui


1.  Pudina  pala

Candies  Pigmen  merupakan keliru satu jenis  kuliner spesial   Aceh , & pula merupakan makanan ringan yg dimiliki oleh grup butir-buahan manisan. Perniagaan menciptakan pala pala tidak memerlukan teknologi yg sukar & pembuatannya relatif mudah, oleh itu perniagaan ini gampang dilakukan sang usahawan baru.
Pembuatan pala pala umumnya dilakukan oleh usahawan kecil pada kawasan penghasil pala. Kabupaten Aceh Selatan adalah daerah produsen komoditi pala terbesar pada Aceh & bahkan pada pulau Sumatera. Pala pala ini adalah industri tempat tinggal   yang acapkali dijumpai pada Daerah Aceh Selatan.Selain diproses menjadi gula-gula & syrup, pala juga boleh dijadikan minyak pala yang sangat berguna buat merawat luka. Malah kini   kek dan kuih boleh dibuat berdasarkan butir pala.

Manisan Pala kha aceh
Gula anggun
Pudina puding selain sebagai makanan ringan yang dihidangkan semasa sambutan hari raya Idul Fitri & tahun baru buat masyarakat setempat juga boleh digunakan menjadi cenderahati buat pelancong yang melawat daerah ini.

2.   Sanger

Sanger  adalah sejenis minuman yg hanya masih ada di Aceh. Sanger atau jua acapkali dipanggil Sanger Coffee umumnya sama menggunakan Capucino, tetapi dalam pendapat aku , Kopi Sanger ini lebih lezat  . Di samping itu, jika kita melirik, penyanyi ini akan kelihatan seperti kopi susu biasa, namun apabila kita melihat rasa, kopi ini mempunyai rasa yg sangat berbeza dan berbeza dengan rasa kopi lain.

Minum minuman keras
Sanger
Sejak dahulu, Aceh populer dengan kopi yg disaringnya. Untuk pencinta kopi yg benar pastinya akan bisa mencicipi perbezaan, bila anda sudah merasakan kopi Aceh. Gerai-gerai yang paling terkenal pada melayani jenis minuman ini merupakan warung tunggal di daerah Ulee Kareng & Chek Yuke pada daerah Masjid Besar Baiturrahman, Banda Aceh. Di samping itu, pada hampir setiap jalan di Banda Aceh, kami niscaya akan mendapati banyak kedai kopi, hangout menurut seluruh peringkat umur.

Tiga.   Penjualan Pisang

Pisang  adalah tumbuhan hortikultur yang sangat penting buat kesihatan. Pisang matang boleh diproses menggunakan pelbagai jenis makanan, galat satunya merupakan melepaskan penjualan alias pisang, penjualan pisang telah usang dikenal menjadi makanan serantau tradisional, keliru satunya merupakan tipikal pisang dijual di Aceh di daerah Kabupaten Aceh Timur yg merupakan sentra penjualan pisang buat daerah Aceh.

Jualan Pisang spesial   makanan Aceh
Jualan Pisang
Pisang pisang spesial   Aceh, proses pembuatan pisang masak dikupas & dikeringkan pada bawah sinar mentari , selesainya itu dilakukan supaya pisang dijual lebih tahan lama  , kemudian dioleskan dengan gula tebu (bukan gula pasir), pisang dijual memiliki aroma & rasa tipikal. Warna ini berwarna agak coklat, sedikit berkilauan berakibat kita ingin merasakannya sedikit.

Penjualan pisang merupakan sejenis makanan ringan dari orang Aceh semenjak zaman Indatu pertama, yg sebagai cenderahati pada Aceh. Jualan pisang boleh dimakan secara pribadi atau digoreng dalam tepung terlebih dahulu.

4.   Pan Baking Pan
Baking  ini dibentuk menurut tepung roti yg dicampur dengan gula & telur dan kanji kelapa. Campuran ini dikacau sehingga licin dan kemudian dibakar pada kuali lalu dibakar dalam kuali.

Kembang Loyang kuliner khas Aceh
Dulang pembakar
Kita seringkali menemui kue ini jika terdapat acara perayaan, nir melupakan kampung-kampung terpencil pada Aceh, kudapan manis itu sangat setia buat menemani perlop keagamaan, misalnya masa Lebaran, & sesuai buat dinikmati di saat luang bersama famili.

Lima.   Lepat

Makanan istimewa makanan segera
Mari pulang
Lepatnya , kuliner ini dibuat berdasarkan tepung beras ketan yg diisi menggunakan gula pasir hingga halus, lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan pada tengahnya parut kelapa yg sudah gongseng menggunakan gula yang dipanggil teras lalu dikukus sampai dimasak. Lepat spesial   dihidangkan pada hari-hari tertentu di rakyat Gayo, terutama sebelum berpuasa (memegang) dan Idul Fitri, kuliner ini tahan usang jika merokok boleh bertahan hingga 2 minggu.

6.   Rujak Aceh Samalanga
Rujak Aceh Samalanga , dipanggil lantaran salad Aceh pasti ditemukan pada Aceh ke desa terpencil. Samalanga adalah galat satu bahagian di daerah Bireuen.

Rujak Aceh Samalanga aceh
Rujak Aceh Samalanga
Keistimewaan salad Aceh dalam umumnya mempunyai keistimewaannya yg terletak pada rasa masam, anggun & pedas. Bahan-bahan yg digunakan merupakan sama seperti menciptakan salad secara umum, yg terdiri daripada mangga, betik, kedondong, yam, jambu air, nanas, & timun, namun rempah yg dipakai, memiliki karakteristik-ciri sendiri seperti garam, cabai rawet, asam jawa, gula kelapa cair (merah), kacang tanah & monyet pisang (batu pisang) atau sago (Aceh salak).

Apa yang menarik tentang Salad Aceh Samalanga ini, pada loka ulekan besar  yang terbuat dari batu yang bisa menampung hingga 50 porsi salad, juga ada ulekan yang umumnya dipakai berdasarkan kayu jati. Cara membuat salad lazimnya dilakukan dalam 2 cara, yg pertama diletakkan di atas pinggan dan yang ke 2 diletakkan pada daun pisang. Pembeli yang makan pada gerai, biasanya disediakan di dalam pinggan, sementara yang akan dibawa ke rumah, umumnya dibungkus daun pisang yg pastinya memiliki ciri spesial  .

7.   Generality

Keumamah  atau tak jarang dirujuk sebagai ikan kayu adalah tradisional Aceh kuliner dan  kuliner spesial   Aceh  yang paling pada permintaan oleh rakyat Aceh. Selain memiliki rasa lazat & unik, ikan ini diperbuat daripada tuna yg sudah direbus, kemudian dikeringkan & diiris menjadi kepingan kecil.

Keumamah makanan Aceh
Keumamah
Biasanya dimasak menggunakan memakai santan, kentang, cabai hijau dan herba lain. Ikan kayu ini tahan lama   buat perjalanan panjang, jadi beliau boleh dipakai sebagai peruntukan dalam bepergian. Semasa perang Aceh melawan Belanda di hutan, jenis makanan ini sangat populer kerana sangat mudah dibawa & masak. Nama lain adalah katshiobushi.

8.   Bhoi Cake

Kue Bhoi  adalah makna tipikal Aceh Besar yg poly diketahui oleh masyarakat Aceh. Bentuk kek ini sangat bervariasi, misalnya: bentuk ikan, bintang, bunga, dan lain-lain. Kek Bhoi ini boleh menciptakan cenderahati bila tiba melawat saudara-mara atau jiran-jiran yang sedang mengadakan perayaan atau pesta, misalnya berkhatan dan kelahiran.

Kue Bhoi makanan khas Aceh
Bhoi Cake
Kek Bhoi ini memiliki harga yang sangat murah, satu pakej berkisar antara Rp. 5,000, 10,000, malah ratusan ribu.

Kek Bhoi juga digunakan sebagai keliru satu kandungan pakej hibah yg dibawa oleh calon pengantin lelaki pada pengantin dalam masa pernikahan.

Kue Bhoi sendiri umumnya dihasilkan di pasar tradisional atau diperintahkan langsung kepada pembuatnya. Proses membuat kek Bhoi juga agak rumit. Kerana, tidak seluruh orang boleh membuat kuliner dan kesabaran dan ketekunan ini dibutuhkan.

9.   Bohromrom

Bohromrom ace kuliner khas
Bohromrom
Bohromrom  atau juga dikenali menjadi beeheh duoh boh kek, kek ini dibuat daripada tepung beras ketan yang dibalut dengan kelapa parut. Bagaimana buat menjadikannya sangat gampang. Campurkan tepung beras lasak, garam & air panas. Campurkan menggunakan baik. Tuangkan dalam air sejuk, rancu hingga adonan halus. Ambil satu sudu teh campuran yg dipenuhi menggunakan bahan-bahan iaitu gula perang. Bulat dan air panas dengan daun pandan sebagai akibatnya ia mendidih. Tambah adonan, keluarkannya, rol ke atas kelapa parut dan hidangkan.
0 Komentar untuk "9 Kuliner Khas Aceh Utara Yang Wajib Kalian coba dan ketahui"

Back To Top