5 Makanan Di Jogja Yang Lagi Hits Dan Bikin Pengecap Ketagihan

Kulinerasik.com - Jogja selalu punya cerita, baik itu dari sisi kebudayaan, pendidikan, wisata hingga kulinernya. Bukan hanya masakan tradsional saja yang bisa kau nikmati disini, namun kuliner yang unik dan hits dengan cita rasa yang enak dapat kau jumpai di Kota Pelajar ini. Sobat masakan asik, kali ini kita akan rangkum 5 masakan kekinian ala milenial yang sedang hits di Jogja berdasarkan banyak sekali sumber.

1. Gudeg Pawon
Gudeg Pawon
Gudeg ialah Jogja, dan Jogja ialah Gudeg, kalau berkunjung ke Jogja belum merasakan masakan yang satu ini berarti belum komplit. Gudeg dibentuk dengan materi utama daging nangka muda, alasannya gampang ditemukan di pelosok Yogyakarta. Yang menciptakan unik dan berbeda dari Gudeg Pawon ialah alasannya pelanggan dapat memesan gudegnya pribadi dari pawon atau dapur.

Rasanya luar biasa nikmat dan yang niscaya setiap harinya selalu antri pelanggan yang ingin menikmati gudeg yang lagi hits ini. Gudeg Pawon ini sudah bangkit semenjak tahun 1958, segala olahan gudeg ada di sini dengan harga Rp. 25.000-30.000 termasuk minumnya. Jam buka mulai 22.00 WIB hingga habis. Disarankan kau dating lebih awal kalau tidak ingin kehabisan gudeg yang lagi hits ini. Lokasinya di Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Jogja.

2. Jejamuran
Jejamuran
Namanya memang unik dan memancing hasrat untuk mencobanya. Jejamuran ialah rumah makan yang menyediakan hidangan masakan serba jamur paling lengkap dan lagi hits di Jogja. Rumah makan milik Ratidjo Hardjo Soewarno ini dulunya untuk menjual hasil budidaya jamur dari beliau. Kini bermetamorfosis besar dan menyediakan 350 dingklik untuk penikmat masakan jamur.

Jamur sendiri mengandung banyak sekali macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang berguna untuk kesehatan menyerupai meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemak dalam tubuh, anti inflamasi dan anti mikroba serta menghambat pertumbuhan tumor.

Baca juga: 6 Kuliner dari Bahan Jamur yang Bikin Kamu Ngiler Kamu Harus Coba!

Lokasinya berada di Jalan Pramuka No.53, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Buka mulai pukul 09:00-21:00 WIB.

3. Nasi Ayam Pelangi
Nasi Ayam Pelangi
Nasi ayam pelangi ini ialah penemuan dari Angkringan Jentik dan kini menjadi hits di Jogja. Disini menyajikan hidangan yang bermacam-macam mulai dari ikan bakar hingga Ayam Setan, dan biasanya disantap bersama nasi yang dimodifikasi dengan warna unik menyerupai pelangi. Angkring Jentik juga menyediakan hidangan nasi merah, nasi kuning, dan nasi hijau. Harga kuliner di sini bermacam-macam mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 25 ribu, lokasinya berada di Jalan Selokan Mataram, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Buka mulai dari pukul 10 pagi hingga 11 malam

4. Bakso Hitam
Bakso Hitam
Bakso hitam Cak Masrur yang sedang hits ini merupakan bakso yang diberi materi komplemen arang hitam atau active charchoal. Hanya dari materi komplemen kuliner arang hitam, sudah dipastikan bahwa bakso ini cukup unik. Sebetulnya, cara menciptakan bakso ini enggak jauh berbeda dengan yang biasa. Keunikan bakso hitam terletak pada adonan arang bambu Jepang yang menjadi sumber warna hitam alami untuk bakso.

Jadi tidak perlu khawatir alasannya pewarna hitam yang digunakan berasal dari materi yang alami. Dan, enggak cuma memberi warna, arang bambu Jepang juga berfungsi sebagai pengganti tepung pati yang biasanya dicampur ke dalam adonan daging sapi.

Semangkuk bakso hitam di kedai Cak Masrur ini dipatok dengan harga Rp. 13.000-15.000 ribu saja. Lokasi dari bakso hitam Cak Masrur terletak di Jalan Polisi spesial No 6, Timoho, Jogja. Akses menuju wisata masakan ini sangat mudah, alasannya erat dengan kampus APMD. Cocok buat kau pecinta kuliner unik!

5. Manggar Manding
ManggarManding
Manggar manding ialah rumah makan yang legendaris di Jogja. Namanya sudah sangat populer, dan salah satu masakan di Bantul yang lagi hits ketika ini. Dengan mengusung konsep tradisional lokasi resto ini sangat nyaman bagi keluarga dan tentu saja harganya terjangkau.
Manggar Manding ialah gudeg yang terbuat dari manggar atau putik bunga kelapa muda yang merupakan hidangan istimewa di kerajaan zaman dahulu dan biasanya disajikan dengan sajian sayur krecek dan tempe bacem. Manggar ini fungsinya sebagai pengganti nangka muda sebagai materi utama Gudeg.

Letaknya di Jalan Parangtritis km 11.5, Manding, Bantul, Yogyakarta. Buka mulai mulai pukul 09:00-21:00 WIB setiap hari.
0 Komentar untuk "5 Makanan Di Jogja Yang Lagi Hits Dan Bikin Pengecap Ketagihan"

Back To Top