Mengenang Museum Jamu Nyonya Meneer, Berguru Meracik Jamu Di Daerah Ini


Kulinerasik.com – Penikmat minuman tradisional terutama jamu, wajib berwisata dan berkunjung ke Museum Jamu Nyonya Meneer yang berada di Jalan Raya Kaligawe KM 4 Semarang. Museum jamu Nyonya Meneer di dirikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 18 Januari 1984 , untuk mengahargai Nyonya Meneer alasannya ialah keahliannya mengolah jamu. Nyonya Meneer sendiri ialah tokoh populer yang melestarikan jamu minuman orisinil dari Indonesia, keahlian Nyonya Meneer dalam meracik jamu sudah dipunyainya semenjak kecil. Dimuseum jamu ini anda akan mendapat pelajaran yang tidak terdapat dimanapun, anda akan mendapat pelajaran membuat jamu dari koleksi-koleksi yang ada dimuseum ini.
Mengenang Museum Jamu Nyonya Meneer, Belajar Meracik Jamu di Tempat Ini 
Di museum Nyonya Meneer ini terbagi menjadi dua bagian, diruangan pertama terdapat banyak sekali macam replika cara pembuatan jamu dan cara peracikannya, anda akan mendapat pelajaran terpenting dalam pembuatan jamu disini. Sedangkan ruang kedua, disini akan menemukan banyak sekali macam koleksi langsung dari Nyonya Meneer sendiri, mulai dari  foto langsung beliau, perlatan yang dipakai dia dikala meracik dan membuat jamu. Tempat-tempat jamu yang terbuat dari kuningan, lumpang, alu (tempat untuk menumbuk jamu), botekan (kotak berlaci untuk menyimpan resep jamu), dacin (alat penimbang tradisional), kebayan encim, keramik , perhiasan  dan banyak sekali macam koleksi lainnya, yang sanggup menambah pengrtahuan anda tentang  jamu.
Museum Jamu Nyonya Meneer
Dimuseum ini juga terdapat banyak sekali macam jenis tumbuhan jamu, tumbuhan inilah yang dipakai Nyonya Meneer untuk membuat jamu, beberapa koleksi jamu yang pernah dibentuk oleh Nyonya Meneer juga dipamerkan dimuseum ini.  Diruang pembuatan jamu kau sanggup mengetahui proses cara peracikannya, disini anda juga sanggup melihat proses pembuat jamu secara konkret dengan diprakterkan perempuan yang memang khusus ditempatkan di museum iini untuk meracik jamu sebagai pengetahuan pengunjung yang datang.

Sayangnya museum ini sudah tutup semenjak pabrik jamu Nyonya Meneer dinyatakan pailit. Ketika masih ada aktifitas, museum jamu yang sudah ada semenjak 1984 itu buka hari Senin-Jumat pukul 10.00 - 15.30 WIB. Tiket masuknya gratis, wisatawan juga akan diberikan pengenalan sejarah berdirinya Nyonya Meneer semenjak tahun 1919.
0 Komentar untuk "Mengenang Museum Jamu Nyonya Meneer, Berguru Meracik Jamu Di Daerah Ini"

Back To Top