5 Masakan Khas Jawa Kesukaan Presiden Jokowi


Kulinerasik.com - Pak Jokowi memang populer dengan gaya blusukannya yang khas. Pasalnya selain untuk menyapa rakyatnya, Beliau juga ingin mendengarkan segala keluhan dan permasalahan pribadi dari bawah. Untuk mendukung aktifitasnya ternyata ia selalu rajin minum jamu lho! Selain jamu ada beberapa makanan khas Jawa yang selalu menjadi kesukaannya tiap mengunjungi daerah-daerah di Jawa. Apa saja? Intip yuk ulasannya!

1. Soto Kuning
Soto Kuning
Sejak Beliau menjadi Presiden dan pindah kerumah dinas di Bogor, Pak Jokowi menjadi suka dengan salah satu masakan khas Kota Hujan ini, yakni soto kuning. Soto kuning sendiri mempunyai ciri khas dengan rempah-rempahnya. Warna kuning dari kuahnya berasal dari olahan santan yang dicampur rempah-rempah, menyerupai kunyit, serai, dan lengkuas. Soto kuning lebih nikmat disajikan bersama dengan empal, otak, limpa, paru. Untuk lauknya biasanya dengan teri Medan, tempe, dan tahu bacem.

2. Jamu
Jamu Minuman Kesukaan Pak Jokowi
Jamu ialah salah satu minuman kegemaran Pak Jokowi, selain untuk menunjang staminanya semoga kuat, minuman jamu juga mempunyai banyak khasiat lho! Jamu favorit Pak Jokowi ialah perpaduan delapan potong temulawak, enam potong kunyit, dan tiga potong jahe. Mungkin ini termasuk diam-diam Beliau sanggup selalu sehat dalam tiap blusukannya. Pak Jokowi memang sosok yang sederhana, Beliau selalu menentukan makanan yang berasal dari warung atau depot pinggir jalan yang menyediakan hidangan khas Jawa.

3. Timlo Sastro
Timlo Satro
Makanan timlo ialah masakan khas Kota Solo, yakni makanan yang dipadu antara sup dan soto. Timlo berisi ati ampela, semur telur bebek, pecahan daging ayam, dan sosis Solo, dengan kuah yang gurih. Biasanya kuah timlo agak bening dan rasanya menyerupai kuah sup pula. Gak heran makanan ini selalu jadi kesukaan Pak Jokowi, alasannya rasanya lezat, mau nyobain?

4. Nasi Liwet
Nasi Liwet Khas Solo
Nasi liwet merupakan makanan yang berbahan utama nasi gurih kemudian dicampur sayur labu siam, pecahan daging ayam, telur, dan areh. Sedangkan nasi gurih sendiri dimasak dengan cara memakai santan kelapa. Areh ialah cairan kental yang berwarna putih dan terbuat dari kelapa. Rasanya memang sangat gurih dan nikmat!

5. Lento Singkong
Lento Singkong
Makanan yang satu ini ialah khas jawa banget, yakni lento singkong. Didaerah menyerupai Jogja dan Solo makanan yang terbuat dari singkong ini sanggup kau temukan. Lento singkong ialah makanan yang terbuat dari kacang-kacangan yang dijadikan perkedel. Lento terdapat beberapa macam tergantung dari jenis materi dasar kacangnya, menyerupai lento kacang hijau yang terbuat dari materi dasar kacang hijau, lento singkong terbuat dari materi singkong dan kacang tolo, ada juga lento kedelai yang terbuat dari materi dasar kedelai.
0 Komentar untuk "5 Masakan Khas Jawa Kesukaan Presiden Jokowi"

Back To Top