Intip Bisnis Kuliner Martabak Ala Gibran Rakabuming, Putera Sulung Jokowi


Kulinerasik.com - Presiden Joko Widodo dulu yakni seorang pengusaha sebelum terjun kedunia politik. Tak heran kini anaknya juga mengikuti jejak bapaknya untuk terjun kedunia bisnis. Salah satunya yakni Gibran Rakabuming Raka yang merintis perjuangan masakan martabak yang dinamai Markobar. Markobar sendiri merupakan akronim dari nama kawasan di Solo, yakni Martabak Kota Barat. Dan sajian yang di sajikan Markobar yakni martabak dengan beraneka ragam topping, mulai dari topping ceres, kraft, oreo, delfi, kitkat greentea, ovomaltine, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai Rp 40.000 hingga Rp 120.000.
Gibran Rakabuming Raka, Putera Sulung Jokowi
Pria kelahiran Solo, 1 Oktober 1987 ini sudah buka perjuangan masakan semenjak tahun 2010, untuk melebarkan sayap bisnisnya dibidang masakan tradisional. Gibran juga menjalin kolaborasi dengan Arif Setyobudi yang sudah menjalankan bisnis martabak semenjak 1996. Dan pada tahun 2014, Markobar muncul menjadi salah satu nama masakan gres favorit dengan sajian andalannya. Saat ini Markobar sudah mempunyai cabang hampir di seluruh Indonesia.
Salah Satu Menu Topping Andalan Markobar
Markobar menjadi hits di media sosial, alasannya yakni konsep kulinernya yang sederhana yakni martabak dengan bermacam-macam topping. Awal berdirinya Markobar berada di Solo dan Jakarta, namun kini Markobar udah tersebar di 16 kota, yaitu Yogyakarta, Bandung, Semarang, Medan, Malang, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar dan Manado. Rata-rata omzet per outlet mencapai Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per hari. Jumlah martabak yang laris per hari rata-rata mencapai 50 loyang lebih.

Sampai dikala ini, Markobar telah sukses mendirikan 26 cabang di 16 kota besar yang ada di Indonesia. Bahkan rencanaya Markobar juga akan buka cabang di Filipina lho!
0 Komentar untuk "Intip Bisnis Kuliner Martabak Ala Gibran Rakabuming, Putera Sulung Jokowi"

Back To Top