Belajar Menciptakan Wayang Kulit Di Desa Wisata Grogol, Sleman


Kulinerasik.com - Letaknya berada di Dusun Grogol,  Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah spesial Yoyakarta. Akses menuju ketempat ini sangat gampang alasannya sarana dan prasarana jalan sudah beraspal dan juga lokasi yang bersahabat dengan jalan besar penghubung antara Godean dengan Seyegan. Dari arahYogyakarta anda sanggup menuju kearah Godean hingga pasar Godean lalu belok kanan atau menuju arah utara ikuti jalan tersebut kurang lebih 3,5 km. Anda akan menemukan sebuah lapangan dikanan jalan sebelum Selokan Mataram, disitulah keberadaan desa Grogol tersebut. Desa ini siap mendapatkan para pengunjung dengan menyediakan akomodasi parkir kendaraan yang cukup memadai yakni sanggup menampung 50 mobil, 300 kendaraan roda dua dan empat bus.
Belajar Membuat Wayang Kulit di Desa Wisata Grogol, Sleman
Potensi wisata di desa wisata Grogol ini cukup lengkap yakni mulai dari wisata alam, wisata ziarah, kesenian tradisional, kuliner khas dan juga upacara daur hidup. Dari potensi alamnya kita sanggup saksikan keindahan Gunung Ampon yang sanggup kita nikmati dengan paket wisata tracking atau menjelajahi gunung ini,kamu sanggup mendapatkan pemandangan indah berupa bentangan areal sawah yang indah, bangunan kuno, dan Tobong Gendeng (Genteng).

Disini juga terdapat wisata ziarah yang ada di desa ini, berupa wisata ke Tuk Sibedug, dimana mata air atau tuk dalam bahasa jawa ini tidak pernah kering sepanjang ekspresi dominan dan obyeknya berupa bak air serta petilasan Sunan Kalijogo Ketandan yang konon mata air tersebut tercipta dimana waktu itu Sunan Kalijogo ketika akan berwudlu tidak menemukan lantas menghantamkan tongkatnya ke tanah dan dari tanah tersebut keluarlah air yang hingga ketika ini disebut tuk sibeduk. Selain hal tersebut Desa ini merupakan desa pembuatan wayang kulit sehingga hal ini juga dijadikan sebagai potensi wilayah ini, yakni pengunjung sanggup menyaksikan dan mempelajari proses pembuatan wayang kulit  dan bahkan sanggup menyaksikan pertunjukkan karawitan, wayang kulit yakni seni mendalang, campursari, keroncong serta jathilan.

Untuk berkuliner asik anda sanggup menikmati Sego Tumpeng (nasi tumpeng), Gudangan, dan Cethil, sedangkan beberapa ritual budaya berupa upacara daur hidup yang masih dilakukan di desa ini yakni Selapanan, merupakan upacara selamatan usia bayi yang berumur 35 hari, upacara kematian, surtanah, kenduri  peringatan orang yang meninggal dari 3 hari hingga 1000 harinya, khitanan, kesepakatan nikah dan midang.
0 Komentar untuk "Belajar Menciptakan Wayang Kulit Di Desa Wisata Grogol, Sleman"

Back To Top