8 Sajian Buka Puasa Yang Selalu Ada Dibulan Ramadhan, Dan Menjadi Ciri Khas Di Banyak Sekali Negara

Kulinerasik.com - Memasuki Bulan Suci Ramadan, umat muslim menyambut dengan suka cita. Pasalnya bulan yang dimuliakan dari bulan lainnya ini, nilai ibadah kita akan dilipat gandakan pahalanya. Selain itu momen yang banyak dinantikan umat muslim ialah momen berbuka puasa. Karena kita dapat menikmati hidangan-hidangan enak yang telah disediakan di rumah.

Begitu pula setiap negara, memiliki tradisi unik yang berbeda kala berbuka puasa. Setiap negara punya hidangan masakan khas bulan bulan puasa yang disajikan untuk melengkapi sajian buka puasa. Berikut ini ialah 8 masakan khas selama Bulan Ramadhan di aneka macam negara.

1. Arab Saudi
Buah Kurma
Buah Kurma selalu ada sebagai hidangan buka puasa maupun untuk sahur, sebab selain disunahkan mengkonsumsi buah kurma juga baik untuk kesehatan lho. Di Indonesia masakan ini selalu hadir selama bulan puasa hingga lebaran. Sesuai sunnah Rasulullah SAW, memakan kurma dengan jumlah ganjil disarankan untuk berbuka puasa. Itulah yang hingga kini menjadi tradisi penduduk Arab Saudi.

2. Turki
Gulllac
Di negara Eropa Timur ini masakan khas Gullac selalu tersaji selama Ramadhan. Di Turki Gullac ialah sejenis masakan yang terbuat dari tepung maizena, terigu, dan susu dab biasa. Gullac dibentuk dari lembaran pastry yang di atasnya ditaburi buah delima. Kue tradisional ini sudah ada semenjak dulu dan bertahan hingga sekarang.

3. Indonesia
Kolak Pisang
Sedangkan di Indonesia sendiri, aneka jenis kolak menjadi hidangan yang paling diburu dikala buka puasa. Banyak takjil yang selalu menyertakan hidangan ini, mulai dari kolak pisang, kolak ubi, atau kolak labu. Kolak memang hidangan buka puasa yang paling popular di seluruh Nusantara.

4. Jerman
Qata'ef
Qata'ef ialah camilan bagus kering yang direndam sirup gula, masakan ini selalu dinantikan umat Muslim di Jerman dikala waktu berbuka puasa. Qata'ef berisi keju bagus dan kacang-kacangan. Rasanya yang bagus menciptakan masakan ini cocok untuk sajian buka puasa.

5. Maroko
Harira
Harira ialah masakan sejenis sup kental yang berisi adonan beras, kacang, daging sapi, dan buncis. Dan telah menjadi ciri khas di Maroko untuk sajian buka buasa. Rasanya semakin besar lengan berkuasa sebab dimasak dengan bumbu-bumbu rempah menyerupai kunyit dan jahe.

6. Aljazair
Chekchouka
Chekchouka ialah masakan pokok dari Afrika Utara yang menjadi sajian yang paling sering disantap oleh penduduk Aljazair selama Ramadhan. Chekchouka terbuat dari materi utama telur rebus dicampur saus tomat, cabai, dan bawang, kemudian dibumbui dengan jintan. Rasanya memang khas banget dengan nuansa Afrika.

7. Mesir
Mahshi
Sumsum, zucchini, atau mahshi menjadi hidangan favorit untuk buka puasa di negeri piramid ini. Mahshi ialah sajian sayuran yang kaya rempah dan disantap dengan adonan nasi. Mahshi biasanya dijadikan masakan utama atau sebagai masakan pendamping, bahannya terbuat dari labu squash.

8. Malaysia
Bubur Lambuk
Hidangan bubur lambuk ialah bubur khas Malaysia yang terbuat dari adonan sayur, rempah-rempah, ayam atau daging sapi, dan sereh. Bubur lambuk ini sangat enak dinikmati selagi hangat. Penduduk Malaysia menyebabkan masakan ini sebagai sajian buka puasa selama bulan Ramadhan.
0 Komentar untuk "8 Sajian Buka Puasa Yang Selalu Ada Dibulan Ramadhan, Dan Menjadi Ciri Khas Di Banyak Sekali Negara"

Back To Top