7 Sajian Buka Puasa Yang Sehat, Supaya Gak Lemes Selama Bulan Puasa!


Kulinerasik.com - Sebentar lagi kita memasuki Ramadan sobat, untuk menjaga kesehatan badan selama menjalani puasa tak hanya dengan berolahraga dan istirahat yang cukup, namun kuliner yang  disajikan untuk sajian buka dan sahur juga harus diperhatikan.

Pasalnya, sesudah seharian berpuasa, badan kita kehilangan banyak cairan dan energi, gak heran kalau kita sering lemas kalau siang hari. Hal yang terpenting yakni selalu menjaga contoh makan kita supaya tetap sehat selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Kali ini kita berikan rekomendasi kuliner sehat dan bernutrisi untuk sajian buka puasa. Biar energimu sanggup tetap penuh alasannya yakni seharian berpuasa. Kaprikornus gak ada alasan untuk bolong puasa ya!

1. Kurma
Kurma
Kurma menjadi salah satu hidangan wajib selama bulan puasa, selain alasannya yakni pahala alasannya yakni mengkonsumsinya, kurma juga mempunyai aneka macam manfaat yang baik untuk badan kita. Karena kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah dalam kurma. Kandungan gula alami yang terdapat pada kurma sanggup mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

2. Buah Segar
Buah Segar
Buah-buahan yang segar sanggup menjadi hidangan terbaik untuk sajian buka puasa, karena kuliner ini gampang dicerna oleh usus. Mulai dari melon, pisang sanggup kau jadikan pilihan yang baik alasannya yakni mengandung banyak serat dan sanggup mengembalikan energi yang hilang. Buah-buahan yang memliki kandungan air yang tinggi ibarat anggur, semangka dan pir baik untuk mencegah dehidrasi.

3. Madu
Madu
Madu memang populer akan banyak khasiatnya, alasannya yakni mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, belerang dan mangan. Madu sanggup melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu juga gampang diserap oleh badan kita, sehingga sanggup mengembalikan stamina dan energi yang hilang. Badan tetap fit selama menjalani sholat tarawih.

4. Nasi Merah
Nasi Merah
Nasi merah mengandung zat besi yang tinggi, sehingga sanggup memulihkan energi di dalam badan dengan cepat sesudah seharian berpuasa. Beras merah juga bermanfaat untuk kau yang mempunyai anemia, alasannya yakni kandungan zat besi di dalam beras merah sanggup membantu pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas ketika berpuasa. Kaprikornus berpuasa sambil bekerja tidak akan mengganggumu sobat!

5. Sayur-sayuran
Sayur-sayuran
Buka puasa disarankan untuk mengkonsumsi sayuran alasannya yakni sangat gampang dicerna oleh tubuh. Saat kita berpuasa, lambung akan mengecil dan enzim pencernaan dalam badan berkurang. Karena itulah sayuran yang baik untuk berbuka yakni sayuran hijau, yang mengandung banyak nutrisi serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang tentunya sangat berkhasiat bagi tubuh. Kamu sanggup temukan di sayuran ibarat bayam, alasannya yakni bayam mengandung zat besi. Kandungan zat besi dalam sayuran bayam sanggup membantu meningkatkan oksigen dalam badan kita.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C dalam sayuran bayam juga sanggup melindungi usus dan pencernaan dari radikal bebas. Kamu sanggup mengonsumsi sayuran segar ini dengan nasi hangat dan sambal. Biar tambah nikmat buka puasanya!

6. Capcay Kuah

Capcay Kuah
Makanan dengan ragam sayuran ini memang sanggup kau jadikan sajian favorit ketika buka puasa. Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam capcay kuah, sanggup memulihkan energi seketika. Yang terpenting yakni sayuran juga sanggup memperlancar pencernaan, jadi kau gak perlu takut mengalami sembelit atau gangguan pecernaan selama berpuasa.


7. Es Kelapa Muda
Es Kelapa Muda
Buka puasa hindari minuman yang mengandung kadar gula tinggi, dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa ketika sahur dan berbuka. Karena kandungan elektrolit yang terdapat didalamnya sanggup memulihkan energi badan seketika. Elektrolit juga sanggup mengganti cairan badan yang hilang ketika sedang beraktivitas, air kelapa juga gampang diserap oleh tubuh, sehingga sanggup mengurangi dehidrasi. Untuk menambah tenaga dalam waktu singkat, kau sanggup mencampur air kelapa dengan madu.

Nah teman kulinerasik, selalu konsumsi kuliner yang menyehatkan ya, biar kau gak lemas ketika menjalankan ibadah puasa. 
Tag : TIPS KULINER
0 Komentar untuk "7 Sajian Buka Puasa Yang Sehat, Supaya Gak Lemes Selama Bulan Puasa!"

Back To Top