Gunung Api Purba Nglanggeran Dengan Segala Keunikannya


Kulinerasik.com - Gunung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta tepatnya 25 km dari Kota Yogyakarta. Dengan akomodasi infrastruktur yang memadai yaitu jalanan yang mulus daerah ini sangat gampang untuk dicapai. Gunung purba Nglanggeran pernah aktif puluhan juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran memiliki 2 puncak yaitu puncak barat dan puncak timur serta kaldera ditengahnya.
Salah Satu Spot Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Nglanggeran ini merupakan formasi gunung kerikil yang besar dengan bentuk dan nama yang unik, mirip Gunung 5 jari, gunung kelir dan gunung wayang. Disebut gunung wayang alasannya susunan bebatuan yang mirip tokoh pewayangan dan berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar, gunung ini djaga oleh Kiai Ongko Wijoyo dan Punokawan yaitu Kiai Semar, Kiai Gareng, Kiai Petruk dan Kiai Bagong. Demikian pula denga sebutan gunung kelir alasannya ibarat kelir dan dipercaya sebagai daerah tinggal Kiai Ongko Wijoyo dan Punokawan. Selain itu masih ada sumber air yang ada di puncak gunung Nglanggeran dan tidak pernah mengalami kekeringan yaitu sumber air comberan. Air dari sumber ini diyakini masyarakat sekitar sanggup menciptakan abadi muda bila dipakai untuk mencuci muka. Kemudian ada juga daerah untuk melaksanakan ritual prihatin, yang dulu pernah untuk bersembunyi tentara Jepang, daerah ini yang paling dinikmati para pengunjung alasannya daerah ini terasa paling sejuk.
Gunung Api Purba Nglanggeran
Akses mendaki ke puncak gunung purba yang berada pada ketinggian 700 m diatas permukaan maritim tidak terlalu sulit hanya memakan waktu kurang lebih 1 hingga 1,5 jam saja. Sekitar 15 menit anda akan hingga pada pos pendakian yang pertama, sudut kemiringan ditempat ini sekitar 60 derajat. Dari daerah ini kita sudah mendapat pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Lokasi ini sangat cocok untuk berkemah, sanggup untuk 10 tenda kecil berisi 4-5 orang, namun menyebar alasannya kontur tanah yang tidak rata. Bisa juga untuk acara jelajah wisata, Tracking ataupun panjat tebing. Namun yang terperinci para pengunjung akan mendapat pemandangan yang sangat indah dari gunung purba Nglanggeran ini.

Di daerah ini juga ada Program Live ini, yaitu tinggal ditempat ini untuk menginap beberapa dikala di desa ini. Dan dikala ini telah terbangun akomodasi Hotspot Area, tentunya bagi yang menginap beberapa hari akan terasa lebih mengasyikkan. Harga tiket untuk masuk ke lokasi ini Rp. 15.000.
0 Komentar untuk "Gunung Api Purba Nglanggeran Dengan Segala Keunikannya"

Back To Top