7 Sambal Yang Terbuat Dari Buah-Buahan Segar Khas Nusantara, Yakin Gak Mau Nyobain?

Kulinerasik.com - Bagi sebagian orang Indonesia, selain nasi ada satu lagi kuliner pendamping yang harus ada dimeja makan sebagai suplemen hidangan. yaitu Sambal! Sambal sendiri merupakan saus tradisional khas Indonesia. Seluruh kawasan di Indonesia mempunyai khas sambal dengan cita rasa tersendiri.

Sambal juga dapat dibentuk dari materi buah-buahan lho! Berikut ini kami rangkum jenis sambal yang terbuat dari buah-buahan dan rasanya maknyus banget. Simak yuk ulasannya!

1. Sambal Mangga
Sambal Mangga
Jenis sambal ini memang sangat terkenal, sambal mangga rasanya sangat segar pedas dan sedikit asam. Dipadu dengan adonan materi lain menyerupai cabe keriting, cabe merah, terasi, garam, dan gula merah menciptakan cita rasanya sangat enak dilidah.
Buah mangga sendiri termasuk buah yang punya cita rasa anggun dengan tekstur lembut. Karena buahnya yang lembut menciptakan buah mangga muda dapat jadi materi sambal yang enak banget lho!. Rasanya yang masih asam dan teksturnya yang renyah menciptakan sambal dari mangga muda ini jadi dapat menyatu di mulut, semakin menciptakan kuliner jadi tambah nikmat.

2. Sambal Durian
Sambal Durian
Kalau buah yang satu ini gak usah ditanya lagi khasiatnya, selain aromanya yang khas bila dimakan, durian juga dapat dibentuk jadi sambal yang enak pula. Sambal durian dibentuk dari adonan tempoyak dan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam. Tempoyak yaitu jenis kuliner dari materi dasar buah durian fermentasi yang dapat dijadikan menjadi kuliner lezat, termasuk sambal.
3. Sambal Nanas
Sambal Nanas
Sambal nanas biasanya terbuat dari adonan potongan nanas yang hampir matang, dicampur dengan cabe merah, terasi bakar, gula merah, dan garam. Rasanya dijamin enak sekali. Ternyata buah nanas ternyata juga dapat dibentuk jadi sambal yang enak ya!

4. Sambal Stroberi
Sambal Stroberi
Selain enak dimakan langsung, buah stroberi juga dapat diolah menjadi sambal yang enak lho! Stroberi yang punya rasa anggun dan asam, dapat menimbulkan sensasi cita rasa yang mak nyus kalau dijadikan sambal. Biasanya sambal stroberi dijadikan pendamping untuk sajian ayam goreng, ayam bakar, tempe goreng, maupun tahu goreng.

5. Sambal Belimbing Wuluh
Sambal Belimbing Wuluh
Sambal dari belimbing wuluh juga mempunyai rasa asam,pedas, sedikit anggun dan segar. Sambal belimbing wuluh dibentuk dari adonan cabe keriting, cabe rawit merah, cabe hijau, potongan belimbing wuluh, terasi, gula merah, dan garam.

6. Sambal Salak
Sambal Salak
Sambal salak terbuat dari adonan salak yang sudah dipotong-potong tipis, dicampur dengan cabe rawit merah, bawang putih, dan ebi. Cita rasa pedas, sedikit anggun dari buah salak, dan rasanya yang gurih menimbulkan sambal ini semakin lezat.

7. Sambal Jambu Mete
Sambal Jambu Mete
Biasanya jambu mete hanya diambil kacangnya, lalu jambunya dimanfaatkan untuk dibentuk sambal yang nikmat lho! Sambal jambu mete terbuat dari adonan jambu mete, cabe merah, terasi, kacang mete goreng, gula, dan garam. Sebagai suplemen sambal jambu mete ini enak disajikan dengan lalapan mentah dan nasi putih hangat.

Ternyata buah-buahan yang segar juga dapat diolah menjadi sambal yang enak lho! Jangan lupa untuk nyobain ya!
0 Komentar untuk "7 Sambal Yang Terbuat Dari Buah-Buahan Segar Khas Nusantara, Yakin Gak Mau Nyobain?"

Back To Top