Misteri Goa Kiskendo, Keindahan Berbalut Dengan Legenda


Kulinerasik.com - Lokasi Goa Kiskendo terletak di Dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, atau tepatnya 35 km barat maritim dari arah Yogyakarta. Akses menuju ketempat ini beraspal dan sempit, hanya muat untuk kendaraan beroda empat kecil saja, bagi anda yang memakai bis besar anda akan berhenti di Desa Niten bersahabat dengan Kantor Kecamatan Girimulyo, dan masih ditempuh 8 km untuk menuju ke Goa Kiskendo. Goa ini berada diketinggian 1200m diatas permukaan laut, menyebabkan kawasan ini selalu berhawa sejuk. Mitos yang berkembang di masyarakat masih begitu besar ihwal goa ini, menyebabkan gua kiskendo diyakini warga setempat sebagai kawasan keramat.
Misteri Goa Kiskendo, Keindahan Berbalut dengan Legenda
Di dalam goa kiskendo terdapat keindahan batuan stalaktit dan stalagmite. Menurut legenda gua ini merupakan kerajaan yang dipimpin oleh rajanya yang berjulukan Mahesosuro dan Lembusuro yang berdasarkan legenda insan berkepala kerbau dan sapi. Goa kiskendo merupakan komplek objek wisata, didalam komplek ini terdapat 15 ruangan dengan banyak sekali mitos yang berkembang didalamanya, mulai dari Lidah Mahesosuro yakni watu yang memiliki lidah, konon katanya merupakan pengecap Mahesosuro yang dipotong Subali supaya tidak hidup lagi. Pertapaan Ledek, yakni kawasan pertapaan supaya diberi kesuksesan. Pertapaan Santri Tani yakni kawasan pertapaan yang dipakai supaya hasil tani melimpah. Pertapaan Subali yakni kawasan dimana Subali bertapa sebelum melawan Mahesosuro dan Lembusuro. Sumelong yakni lubang yang sanggup menembus keatas yang dipakai subali untuk melarikan diri. Lumbuk kampek atau kawasan penyimpanan barang-barang berharga kerajaan. Anda sanggup melihat alur dongeng ihwal goa kiskendo yang dikaitkan dengan kisah perwayangan Ramayana yang diukir dalam relif didepan lisan goa tersebut.
Goa Kiskendo
Memasuki bersahabat Goa Kiskendo juga terdapat Goa Sumitro yang berjarak 20 meter, yang memiliki dua lisan gua vertikal dan horizontal. Mempunyai anutan sungai bawah tanah didalam gua, keindahan dan kesegaran disekitar gua ini, dan tersedianya tanah yang kosong yang cukup luas, cocok bagi anda yang ingin berkemah ditempat ini. Banyak obyek wisata lainnya yang berdekat dengan Goa Kiskendo, antara lain Grojogan Sewu yang memiliki ketinggian 20 meter, Watu Blencong 250 meter diatas Goa Kiskendo, Gunung Krengseng, Watu Gajah dan Gunung Kelir berjarak 4,5 km dari Goa Kiskendo. Kamu sanggup menikmati semuanya dalam satu perjalanan, selain gua kiskendo anda juga sanggup berwisata ke gua-gua lainnya yang ada di Jogja menyerupai Goa jomblang dan Goa Cermai.
0 Komentar untuk "Misteri Goa Kiskendo, Keindahan Berbalut Dengan Legenda"

Back To Top