6 Makanan Pacitan Ini Dapat Bikin Kau Balik Lagi Kesini


Kulinerasik.com - Kabupaten Pacitan memang terkenal dengan wisata alamnya yang masih natural banget! Mulai dari wisata pantai sampai goa-goanya, namun Pacitan juga mempunyai banyak masakan yang bikin kau kerasan dan ingin tinggal lebiha usang jikalau berkunjung di kampung halaman mantan Presiden Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini. Cita rasa khasnya yang membikin masakan ala Pacitan selalu nikmat dilidah dan pengen balik lagi kesini.

1. Sego Gobyos
Sego Gobyos
Bagi pecinta pedas, masakan yang satu ini recommended banget dicoba! Sego Gobyos ini memang menciptakan pecinta masakan pedas tak kuasa menahan hasrat untuk mencicipinya. Pasalnya begitu anda merasakannya, seluruh badan anda dijamin akan gobyos (basah dengan keringat), dikarenakan pedasnya masakan satu ini.

Bahan utama dari sego gobyos ini sangat sederhana, yakni terdiri dari gabungan nasi dan sayur daun keningkir, ditambah dengan lauk mirip tahu, tempe bacem, kerupuk, sampai opor ayam. Sego gobyos memang unik dari masakan lainnya, alasannya ialah kuah khusus gobyos ini diberi ramuan khusus berupa cabai yang cukup banyak semoga sensasi pedasnya terasa

2. Soto Pacitan
Soto Pacitan
Soto Pacitan memang cukup unik alasannya ialah bahannya simpel banget, alasannya ialah tidak menggunakan santan, mirip kebanyakan soto lainnya. Yang menonjol ialah pemakaian telur rebus, seledri, kacang tanah goreng, bawang goreng, dan gabungan kecambah jawa yang menciptakan soto ala Pacitan ini sangat terasa dilidah.

Jika ingin menikmati soto Pacitan, kau bisa  mencoba di warung Marem, terletak di Jalan Raya Kebonagung KM 6, Kebonagung Pacitan. Atau dapat juga mencoba warung  soto Bu Maryati dengan suasana pedesaan, sempurna di sebalah Kantor Polisi Sektor Kebonagung.

Racikan soto Pacitan memang jauh lebih simpel dibanding soto kebanyakan, cukup gabungan kuah bening, kecambah,  suwir ayam kampung, ditambah  taburan bawang goreng, irisan seledri,  dan kacang tanah  goreng utuh.

3. Sale Pacitan
Sale Pacitan
Sale ialah kudapan kudapan elok yang berbahan baku dari pisang kering, kemudian di gulung-gulung ibarat kelereng. Sale Pisang termasuk masakan khas Pacitan, materi utamanya terbuat dari pisang elok yang dikeringkan secara alami. Cara memasaknya tanpa materi pengawet, namun dapat bertahan dalam waktu beberapa bulan. Makanan ini dapat kau beli dipusat buah tangan khas Pacitan sobat.

4. Kupat Tahu
Kupat Tahu
Kupat tahu Pacitan terbuat dari tahu goreng, kupat (ketupat), tauge, kol, kemudian diguyur air bawang putih dan kuah kecap, di atasnya ditaburi irisan daun seledri dan kacang goreng. Yang mengakibatkan kupat tahu Pacitan mempunyai cita rasa istimewa ialah kuah kecap yang kental, bikin tahu kupat Pacitan mempunyai rasa elok yang menonjol, kemudian air bawang putih menambahkan sedikit rasa gurih. Lebih nikmat dengan lauk kerupuk kuning atau rambak.

5. Nasi Thiwul
Nasi Thiwul
Nasi Thiwul termasuk masakan khas Pacitan yang mempunyai kandungan gizi yang cukup baik bagi tubuh. Pasalnya materi baku nasi thiwul ialah ketela yang mempunyai sumber kalori yang baik. Ketela mempunyai kandungan lemak, kalsium, zat besi, vitamin A dan C. Bila tepung cassava dicampur dengan 18 persen tepung kedelai maka tepung komposit tersebut menjadi materi pangan pokok bergizi tinggi dan lebih lengkap jikalau dibandingkan dengan padi. Campuran telur menciptakan nasi thiwul mempunyai kandungan protein sebesar 29 persen.

6. Cenil
Cenil
Jajanan pasar ini memilik bentuk yang unik, warna-warni, kenyal, dan manis, atau kadang juga gurih. Cenil termasuk masakan khas Pacitan yang terkenal ditengah masyarakat Pacitan. Cenil sendiri ialah masakan yang terbuat dari pati ketela pohon yang dibuat bulat-bulat kecil seukuran kelereng, kemudian diberi warna merah dan direbus. Yang unik dari kudapan elok cenil ini, selain alasannya ialah namanya yang terlihat lucu, bentuknya juga imut dan rasanya yang kenyal, elok dan kadang lengket-lengket basah.
0 Komentar untuk "6 Makanan Pacitan Ini Dapat Bikin Kau Balik Lagi Kesini"

Back To Top